Geografis Bandung

Bandung merupakan ibukota jawa barat, yang sekaligus merupakan kota terbesar ketiga di indonesia sesudah jakarta dan surabaya.

Karena Bandung memiliki kemiripan dengan Paris serta suasana di Eropa pada zaman kolonial, Bandung diberi julukan sebagai Parijs van Java oleh orang Belanda, yang artinya kurang lebih Paris dari Jawa.

Selain dikenal dengan sebutan Parijs Van Java, Bandung juga mempunyai julukan kota kembang, yang bermakna bandung mempunyai banyak bunga.

Secara geografis, Kota Bandung terdapat di ketinggian 768m dengan lingkungan pegunungan yang subur serta indah mempunyai iklim sejuk menyenangkan.

Dari wikipedia.org disebutkan,

Keadaan geologis dan tanah yang ada di kota Bandung dan sekitarnya terbentuk pada zaman kwartier dan mempunyai lapisan tanah alluvial hasil letusan Gunung Tangkuban Parahu. Jenis material di bagian utara umumnya merupakan jenis andosol begitu juga pada kawasan dibagian tengah dan barat, sedangkan kawasan dibagian selatan serta timur terdiri atas sebaran jenis alluvial kelabu dengan bahan endapan tanah liat.
Semetara iklim kota Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23.5 °C, curah hujan rata-rata 200.4 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 21.3 hari per bulan. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bandung

Kota Bandung sudah dikenal sebagai kota wisata, kota layanan, kota belanja, kota pendidikan. Bandung adalah area yang bagus untuk petualangan gastronomi.

Sekarang ini, bandung sudah jadi sesuatu pelarian akhir pekan yang amat popular untuk jakarta, yang dapat jadi padat serta ramai pada akhir pekan serta hari libur nasional.


Advertisement
advertisement
Geografis Bandung | Yusaf Budiman | 5

0 comments:

Posting Komentar