Tempat rafting di bandung dan Indonesia

Tempat rafting di bandung yang menarik dan menantang banyak di cari orang. Selain itu berikut ini saya sampaikan tempat-tempat rafting di indonesia. Seebagaimana diketahui, olahraga ekstrim ini disukai oleh orang yang suka tantangan karena dapat memicu adrenalin.

Memang potensi wisata Indonesia banyak yang menarik minat wisatawan. Selain itu banyak juga tempat wisata menarik untuk tujuan liburan seperti Wisata Alam Indonesia , Tempat Diving Di Indonesia Daftar Lokasi Yang Bagus Dan Terbaik Untuk Menyelam, Pantai Terbaik Untuk Selancar Surfing Di Indonesia Selain tempat untuk diving, pantai yang sangat indah, tempat petualangan juga obyek wisata lainnya.

Dan inilah tempat-tempat arung jeram atau rafting menarik yang ada di Indonesia. Banyak lokasi yang sangat menantang berupa sungai-sungai dengan jeram yang menantang untuk di coba.

Tempat arung jeram/rafting di Jawa Barat

- Citarik dan Citatih, Sukabumi
- Cimanuk dan Cikandang, Garut
- Rafting bandung Situ Cileunca, ada yang diaketkan dengan outboud bandung.
- Cisadane, Bogor
Ciri: sungai berbatu, pemandangan kiri-kanan sawah diselingi permukiman, kelas sungai 2-4, akses mencapai lokasi mudah.

Tempat arung jeram/rafting di Jawa Tengah

- Serayu, Banjarnegara
- Progo dan Elo, Magelang
Ciri: kelas Sungai Serayu dan Elo 2-3, sedangkan Progo kelas 5. Serayu memiliki pemandangan indah dengan jeram berbatu, sedangkan jalur Progo tergolong memberi tantangan.

Tempat arung jeram/rafting di Jawa Timur

- Pekalen, Probolinggo
- Kasembon, Malang
Ciri: ciri khas sungai di Jawa Timur memiliki lebar yang sempit. Pekalen adalah jenis sungai berbatu dengan pemandangan kiri-kanan hutan jati. Ada beberapa bagian dengan sisi tebing sehingga terlihat seperti lembah. Sedangkan lebar Kasembon sempit sekali.

Tempat arung jeram/rafting di Bali

- Ayung, Unda, Telaga Wajah
Ciri: Sungai Ayung digunakan oleh sejumlah operator sehingga ramai sepanjang tahun. Pada 1990-an masih memiliki pemandangan kiri-kanan sawah, sekarang sudah banyak permukiman. Jenis sungai di Bali rata-rata berbatu dan sempit. Namun rata-rata pemandangan kiri-kanan hutan dan sawah dengan terasering sehingga terlihat indah dan rapi.

Tempat arung jeram/rafting di Aceh

- Alas
Ciri: kategori kelas 2-3, kiri-kanan hutan lebat, sawah, atau perkebunan. Di salah satu titik, yakni Desa Ketambe, pelaku arung jeram, kalau beruntung, bisa bertemu dengan orang utan. Pengarungan sungai bisa dilakukan dua hari.

Tempat arung jeram/rafting di Sumatera Utara

- Asahan
Ciri: jenis sungai berbatu, lebar dengan jeram yang besar. Kelas sungai 5, sehingga benar-benar menantang. Lokasi sungai ini beberapa kali dijadikan tempat untuk kejuaraan arung jeram nasional maupun internasional. Kiri-kanannya hutan.

Tempat arung jeram/rafting diSumatera Barat

- Batang Kuantan, Sijunjung
Ciri: sungai lebar, jeram besar, pemandangan kiri-kanan alam liar dan tebing-tebing. Kelas sungai 2-4, memerlukan perjalanan dua hari untuk mengarunginya.

Tempat arung jeram/rafting di Jambi

- Musi Rawas dan Enim
Ciri: sungai datar, kelas 2, sulit dicapai karena tempatnya terpencil. Peserta arung jeram bisa mampir ke desa-desa yang dilalui.

Tempat arung jeram/rafting di Kalimantan Timur

- Tubu, Malinau, Boh, Mahakam, Pujungan, Bahau Hulu
Ciri: akses menuju entry point sulit, namun pemandangannya luar biasa indah. Ada hutan liar, penduduk jarang ditemui, namun sekali bertemu dengan penduduk bisa menginap dan mempelajari budayanya. Untuk mencapai Sungai Boh bahkan harus menaiki pesawat kecil berpenumpang empat orang. Tak mengherankan, berarung jeram di lokasi ini membutuhkan biaya tinggi, tapi pengalaman yang didapat memang lebih berlimpah.
Mahakam adalah jalur yang asyik dilalui karena jeramnya besar tapi datar. Ada pengalaman unik dengan kupu-kupu warna-warni yang mengerubungi badan. Hanya, untuk mengarungi sungai ini, memang perlu pengetahuan dan teknik yang memadai. Dan sepanjang sungai banyak pohon buah-buahan, tergantung musimnya.


Tempat arung jeram/rafting di Kalimantan Selatan

- Kelayan
Ciri: mengarungi sungai bukan dengan perahu karet, melainkan dengan perahu kayu, yang diorganisasi oleh masyarakat setempat yang dibina LSM. Banyak pelajaran yang dipetik, di antaranya tentang kearifan lama dengan pola pertanian organik dengan mengerahkan kerbau untuk membajak sekaligus pemberi pupuk. Daerah ini terkenal dengan beras organik Adan. Ada tur daerah setempat dan kegiatan trekking di gunung karena eco-tourism sudah ditata di sini. Hanya, aksesnya sulit dan memang lebih ditujukan untuk turis dengan minat khusus. Daerah yang dilalui juga kaya akan binatang, terutama reptil. Sebuah penelitian mengungkapkan, banyak reptil yang tak ada di tempat lain di dunia berada di sini.

Tempat arung jeram/rafting di Sulawesi Utara

- Ranoyapo, Nimanga
Ciri: kelas 2-3 dengan kiri-kanan hutan.

Tempat arung jeram/rafting di Sulawesi Selatan

- Rongkong, Sadan, Lariang
Ciri: kelas 2 hingga 3+ di Rongkong dan Lariang, tapi Sadan kelas 2-4. Untuk mencapainya, pelaku arung jeram harus melakukan off-road.

Tempat arung jeram/rafting di Papua

- Mamberamo
Ciri: akses sulit dengan jeram besar yang penuh tantangan. Dikategorikan pada kelas 6.

Sumber : http://www.facebook.com/notes/travelounge/lokasi-arung-jeram-di-indonesia/105785706130891
Advertisement
advertisement
Tempat rafting di bandung dan Indonesia | Yusaf Budiman | 5

0 comments:

Posting Komentar