Wisata legenda dongeng sunda gunung tangkuban perahu

Gunung Sunda Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung. Gunung tangkuban perahu merupakan salah satu objek wisata bandung yang menjadi tempat pavorit di bandung. Tempat indah ini terletak di daerah Lembang, kurang lebih 30 menit dari Bandung menggunakan kendaraan bermotor.

Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Gunung ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata gunung tangkuban perahu yang menarik di Jawa Barat. Lingkungan alamnya yang sejuk, dan sumber mata air panas di kaki-kaki gunungnya. Deretan kawah yang memanjang, menjadi daya tarik tersendiri. Dinamakan tangkuban perahu karena bentuknya yang menyerupai kapal yang terbalik.

Nama Tangkuban Perahu sendiri sangat lekat dengan sebuah legenda dongeng sunda gunung tangkuban perahu yang sangat terkenal, yaitu Sangkuriang. Dari jauh, Gunung Tangkuban Perahu ini tampak seperti perahu terbalik.

Pemandangan gunung Tangkuban Perahu ini sangat mengagumkan, bahkan pada saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah dapat terlihat dengan jelas, sangat kontras dengan hijaunya pepohonan di sekitar gunung tersebut. Tidak hanya itu, dasar kawah pun dapat kita nikmati keindahannya yang sangat mengagumkan. Keindahan alam inilah yang menjadikan Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat wisata alam andalan Propinsi Jawa Barat, khususnya Bandung.

Gunung Tangkuban Parahu
Jalan menuju Tangkuban perahu, dikiri kanan jalan anda akan melihat hamparan hijaunya kebun teh dan juga barisan pohon-pohon pinus. Karena Tangkuban perahu merupakan gunung merapi yang masih aktif sampai saat ini, maka dari dulu sudah banyak terjadi letusan yang meninggalkan kawah sisa letusannya. Saat ini Kawah-kawah tersebut sudah dijadikan tempat wisata. Kawah-kawah tersebut antara lain Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Di antara kawah-kawah tersebut, Kawah Ratu merupakan kawah yang terbesar, dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan kawah Ratu. Beberapa kawah mengeluarkan bau asap belerang, bahkan ada kawah yang dilarang untuk dituruni, karena bau asapnya mengandung racun.

Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Parahu
Udara yang sejuk, pemandangan yang indah, semuanya akan membuat anda puas. Di kawasan gunung ini banyak dijumpai pedagang-pedagang yang menjual berbagai macam sauvenir, makanan, dll. Di bibir kawah gunung Tangkuban Parahu, anda bisa berjalan-jalan dengan menunggangi kuda sewaan, yang semuanya akan menambah kepuasaan anda berwisata. Datang dan Nikmati..!!!

Tidak salah jika anda memilih wisata tangkuban perahu sebagai salah satu tujuan pavorit wisata bandung untuk keluarga anda yang sangat baik untuk wisata alam ataupun wisata pendidikan.
Advertisement
advertisement
Wisata legenda dongeng sunda gunung tangkuban perahu | Najla Alliya | 5

0 comments:

Posting Komentar